Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

Pascasarjana Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan program pendidikan tinggi lanjutan di atas pendidikan program sarjana, dimulai tahun 1986.  Setelah berkembangnya beberapa Program Studi maka berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional No. 414/DIKTI/Kep./1999, Pascasarjana UNS secara mandiri menyelenggarakan Pascasarjana mulai tahun 1998.

Tujuan Pascasarjana UNS adalah untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keahlian, dan kemampuan akademik yang dapat digunakan untuk menjadi tenaga pengajar, perencana, pengembang, dan peneliti  di instansi  terkait, serta menghasilkan temuan-temuan penelitian yang berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, tidak hanya bagi calon mahasiswa dari dalam negeri tetapi juga untuk mahasiswa luar negeri.

Jadwal Pendaftaran

  1. Periode I untuk Program Studi dengan awal perkuliahan bulan September (Semester Ganjil), dan
  2. Periode II untuk Program Studi dengan awal perkuliahan bulan Februari (Semester Genap).

Materi Ujian Tertulis

  1. Tes Potensi Akademik (TPA)
  2. Bahasa Inggris

Jalur Reguler

Syarat Pendaftaran

  • Berasal dari lulusan Program Studi:
    1. S1 Pendidikan Biologi,
    2. S1 Biologi,
    3. S1 Pendidikan IPA,
    4. S1 Perikanan,
    5. S1 Peternakan,
    6. S1 Pertanian, dan
    7. S1 Kesehatan dengan
  • IPK minimal 2,75

Catatan: Bagi calon mahasiswa yang tidak berasal dari S1 Pendidikan Biologi wajib mengikuti matrikulasi sesuai kebutuhan.

Alur Pendaftaran

  1. Calon mahasiswa mengisi formulir pendaftaran melalui internet pada laman https://spmb.uns.ac.id klik menu “Pendaftaran”:
    a. Calon mahasiswa akan mendapatkan Nomor Pendaftaran SPMB Pascasarjana UNS.
    b. Calon mencetak Tagihan Pembayaran.
  2. Calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran*) sebesar Rp 400.000, di seluruh Kantor Cabang Bank Mandiri, BTN, BNI, atau Bank Jateng dengan menuliskan Nama dan Nomor Pendaftaran pada Slip Pembayaran dan akan mendapatkan kode akses yang tertera pada Slip Pembayaran. (Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali)
  3. Calon mahasiswa mengunggah dokumen persyaratan pada laman https://spmb.uns.ac.id dengan terlebih dahulu login menggunakan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses. Dokumen persyaratan terdiri dari:
    a. Ijazah dan transkrip akademik S-1
    b. Surat rekomendasi dari pihak yang mengetahui kemampuan akademik calon, sedapat mungkin Pembimbing Akademik (PA) atau dosen pembimbing skripsi.
    c. Daftar riwayat hidup (curriculum vitae), mencakup data diri, riwayat pendidikan, pekerjaan, dan karya ilmiah (jika ada).
    d. Surat ijin belajar tertulis dari  instansi  tempat bekerja  (bagi  yang sudah bekerja).
    e. Surat keterangan sehat dari dokter.
    f. Surat keterangan jaminan sanggup membiayai studinya sampai selesai baik dari diri sendiri maupun dari instansi tempat kerja atau sponsor.
    g. Sertifikat nilai TPA BAPPENAS asli (Bila ada).
    h. Sertifikat nilai TOEFL ITP/TOEFL Internasional, atau yang dikeluarkan oleh UP2B UNS (Bila ada). Kewajiban untuk mengikuti kursus dalam masa studi akan ditentukan dengan melihat score nilai ini.
  4. Setelah Panitia melakukan verifikasi data dan berkas mahasiswa serta dinyatakan seluruh berkas valid, Calon mahasiswa mencetak Kartu Tanda Peserta melalui laman http://www.spmb.uns.ac.id dengan menggunakan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses.
  5. Mengikuti tes masuk sesuai jadwal yang telah ditetapkan panitia (kecuali yang telah memenuhi syarat dalam point 3.g dan 3.h).

Jalur Beasiswa UNS

Universitas Sebelas Maret (UNS) memberi kesempatan kepada lulusan Program Sarjana (S-1) UNS yang berprestasi tinggi untuk menempuh pendidikan di program Magister (S-2) UNS dan mendapatkan beasiswa S-2 berupa “pembebasan uang kuliah tunggal (UKT)” selama empat (4) semester.

Syarat Pendaftaran

Kriteria lulusan berprestasi yang dapat melamar beasiswa UNS adalah:

  • Sarjana UNS dengan tahun lulus 2018/2019/2020 dengan salah satu kriteria berikut:
    1. lulus dengan predikat cumlaude,
    2. memiliki IPK ≥ 3,3 namun telah menghasilkan sekurang-kurangnya satu artikel/paper yang telah diterima untuk di-publish di jurnal terindex Scopus atau telah di-publish di Procedding terindex Scopus sebagai penulis pertama atau anggota.
  • Program Studi program magister yang dipilih harus linier dengan program studi saat menempuh program sarjana.
  • Bersedia menjadikan publikasi di jurnal internasional terindex scopus (bukan proceeding) sebagai salah satu syarat kelulusan.
  • IPK minimal 2,75

Alur Pendaftaran

  1. Mengisi formulir pendaftaran melalui internet pada laman https://spmb.uns.ac.id klik “Pendaftaran” pilih “S-2 Beasiswa UNS“.
  2. Membayar Biaya Pendaftaran di pada salah satu bank berikut: Bank Mandiri, Bank Negera Indonesia (BNI), atau Bank Tabungan Negara (BTN) dengan menuliskan Nama dan Nomor Pendaftaran pada Slip Pembayaran. (Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali)
  3. Mengunggah File Foto Berwarna Formal/Resmi (Format: *.jpg, Pixel:  150px X 200 px, Size: Maksimum 30kb),
  4. Mengunggah dokumen-dokumen berikut pada saat pendaftaran di laman http://www.spmb.uns.ac.id:
    1. Scan Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL).
    2. Scan Transkrip Nilai Akademik.
    3. Bukti paper yang telah dipublikasikan (bila anda adalah pendaftar dengan kriteria 1.b)
    4. Scan Surat Kesediaan Lulus dengan Syarat Publikasi di Jurnal Internasional Terindex Scopus.
      (Form dapat diunduh di laman https://spmb.uns.ac.id)
    5. Scan Surat Kesanggupan Pengembalian Dana UKT apabila secara sengaja mahasiswa tidak menyelesaikan kuliahnya.
      (Form dapat diunduh di laman https://spmb.uns.ac.id)
    6. Scan Surat Kesediaan Pembimbing Untuk Membantu Mahasiswa Publikasi Di Jurnal Internasional Terindex Scopus.
      (Form dapat diunduh di laman https://spmb.uns.ac.id)
    7. Lampiran tambahan (bagi yang sudah memiliki):
      1. Sertifikat TPA dari BAPPENAS
      2. Sertifikat kemampuan berbahasa Inggris yang diakui UNS (TOEFL ITP/TOEFL Internasional, atau IELTS).

      (nilai kedua sertifikat ini dapat digunakan sebagai pengganti nilai ujian tertulis)

    8. Panitia memverifikasi Dokumen Pendaftaran.
    9. Peserta mencetak Kartu Tanda Peserta.
    10. Peserta mengikuti Ujian Tertulis sesuai jadwal yang telah ditetapkan panitia (Ujian Tertulis tidak dilakukan bagi anda yang telah mengunggah dokumen nomor 7).